Pesona Air Terjun Bertingkat di Kaki Gunung Bromo

1 min read

Pesona air terjun selalu menawarkan kesejukan dan ketenangan di antara suara gemericik derasnya air yang terjatuh dan tenangnya telaga yang menghampar di bawahnya. Coban Trisula berada di jalur perjalanan menuju ke Gunung Bromo yang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Sesungguhnya trisula adalah nama senjata semacam pisau bercabang tiga, dinamakan tersebut karena memiliki 3 aliran air terjun yang sangat eksotis, air yang sangat dingin seperti khas air-air di pegunungan. Letaknya berada di ketinggian 1.400 mdpl dan dikelilingi hutan lebat di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, yang sekaligus menjadi ciri khasnya tersendiri. Dengan paket wisata malang terlengkap bisa kesini langsung.

coban trisula

Di tempat ini masih terdapat Elang Jawa dan Lutung yang bermain di sekitar saat pagi dan petang. Spot untuk menjumpai elang, adalah di gapura pintu gerbang Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Untuk mencapai lokasi ini, harus menyusuri track yang menurun sepanjang 600m berupa jalan setapak ditengah rerimbunan semak dan dikelilingi jurang curam berpagar pohon Pisang, Anggrun dan Cemara Gunung.

Coban ini memiliki tiga tingkat yaitu tingkat paling atas dinamakan Coban atas, tingkat kedua dinamakan coban tenga dan tingkat yang ke tiga atau tingkat terakhir di namakan coban bawah.

Coban atas berasal dari curah sungai lanjing dengan  ketinggian sekitar 35 m. Di bawahnya ada Coban tengah yang bersumber dari aliran coban atas. Ketinggian coban tengah hanya 2,5 m. Untuk Coban Bawah memiliki ketinggian sekitar 11 m serta letaknya agak tersembunyi, jadi kita perlu berjalan terlebuh dahulu. Coban di setiap tingkat ini menawarkan keindahan yang berbeda.

Harga Tiket dan Fasilitas yang disediakan

Wisatawan hanya perlu membayar tiket sebesar Rp. 2500 dan untuk wisatawan asing hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 20.000 saja. Dan untuk yang masih pelajar akan mendapat diskon sebesar 50% dengan menunjukkan kartu pelajar yang masih berlaku. Disini belum ada fasilitas penunjang karena tempat ini baru diresmikan sebagai objek wisata, namun dipos perijinan terdapat tempat parkir dan toilet umum.

Lokasi dan Akses Menuju Coban Trisula

Untuk menuju kelokasi ini anda hanya tinggal mengikuti rute yang mengarah ke Gunung Bromo. Tepatnya di desa Ngadus, kecamatan Poncokusumo, kabupaten Malang. Jaraknya 35 km dari kota Malang. Arah coban ini sama dengan menuju coban pelangi, di pintu masuk coban pelangi perjalanan masih diteruskan ke atas kira – kira 1,5 km hingga tiba di pintu masuk Coban Trisula. Kondisi jalannya lumayan sulit, jadi perlu berhati – hati dalam berjalan. Jalannya berliku – liku dan akan sangat licin ketika hujan. Jalur ini cukup aman dan tidak perlu takut tersesat karena hanya terdapat satu jalur saja.

Agar memudahkan perjalanan wisata, anda bisa menggunakan jasa Nahwa Tour, demi kenyamanan dan kepuasan wisata anda, kami berkomitmen untuk memberikan Pelayanan dan Harga yang terbaik. Untuk lebih jelasnya dapat membuka halaman website resmi kami di nahwatour.com.