Pilih Emas Atau Platinum Untuk Cincin Tunangan?

Pilih Emas Atau Platinum Untuk Cincin Tunangan

Pertunangan adalah acara yang cukup penting sebelum menuju ke pernikahan. Bahkan banyak orang yang bingung akan memakai jenis logam apa untuk cincinnya. Memilih antara cincin tunangan emas atau platinum?

Pilih Emas Atau Platinum Untuk Cincin Tunangan

Sebenarnya bagus bahan yang mana jika untuk sebuah acara. Emas atau platinum? Lebih baik mana? Simak pembahasan berikut untuk tahu lebih lengkapnya.

Baik Mana, Emas Atau Platinum?

Kalau kamu bingung harus pilih yang mana? Simak penjelasan berikut ini.

Platinum Yang Tangguh

Platinum dikenal sebagai bahan yang keras sehingga dapat tahan dalam berbagai macam kondisi. Bahkan sangking kerasnya tidak hanya dijadikan sebagai cincin platinum. Tetapi, dipakai sebagai bahan utama pembuatan alat-alat militer, termasuk senjata.

Selain dijadikan sebagai bahan pembuatan senjata. Platinum ini juga dikenal sebagai bahan yang anti terhadap karat juga anti terhadap korosi. Bahkan bahan jenis ini dibuat untuk anti terhadap noda, sehingga perawatannya terbilang mudah.

Karena tahan terhadap kondisi tersebut, untuk itu bahan platinum ini lebih dipilih untuk cincin. Karena sifatnya yang aman sehingga orang dengan kulit sensitif akan mudah mengenakan bahan ini.

Campuran antara nikel dan emas putih membuat harga platinum relatif lebih mahal. Namun, harga tersebut akan sebanding dengan kekuatan serta ketangguhan dan perawatan yang mudah dari bahan jenis ini.

Emas Yang Banyak Variasi Warna Dan Model

Yang kita tahu emas memiliki beberapa macam warna yang cukup terkenal. Mulai dari emas kuning, emas putih sampai emas rose gold yang bisa digunakan untuk anting emas model terbaru.

Emas kuning, ini sesuai dengan namanya warna yang dimilikinya berwarna kekuningan. Kebanyakan orang menyebut emas kuning dengan emas murni atau emas kadar 24 karat. Padahal emas dengan kadar ini sulit dijadikan perhiasan karena teksturnya yang lunak.

Emas dengan 18 karat inilah yang biasa dijadikan berbagai model cincin yang rumit. Cincin emas kuning ini memiliki berbagai varian warna dan karat, sehingga harga platinum dan emas jelas berbeda.

Emas putih, ini adalah emas yang memiliki kekerasan yang berbeda. Campuran nikel, perak dan palladium membuat emas yang satu ini berwarna putih. Sebenarnya warna tidak putih mengkilap seperti yang kita ketahui.

Warnanya ada yang dari kuning pucat, kecoklatan sampai kemerahan menjadi hasil akhir dari bahan yang satu ini.

Emas rosegold, yang populer beberapa tahun belakangan ini sudah dikenal sejak akhir abad 19 di Rusia. Warna yang berbeda menjadikannya lebih menarik.

Beda emas dan platinum tentunya sangat mencolok sekali. Mulai dari harga sampai kepadatan. Emas bisa dinilai tidak sepadat platinum, sehingga lebih ringan ketika dikenakan.

Platinum yang memiliki kepadatan yang berbeda dengan emas, dinilai lebih berat. Hanya saja kalau ingin memilih bahan untuk cincin pertunangan kamu bisa diskusi berdua dengan pasangan.

Sekarang kamu sudah tahu ingin pilih cincin tunangan emas atau platinum? Sudah paham akan perbedaan keduanya bukan?

Related posts