Probiotik unggas bebek

1 min read

Probiotik pada unggas bisa berupa suplemen pakan yang berasal dari bakteri hidup menggunakan probiotik unggas bebek juga sangat berarti, karena dapat memberikan keuntungan dalam meningkatkan keseimbangan mikroflora dalam usus.

Penggunaan probiotik bisa dicampurkan kedalam ransum bebek pedaging yang membuat proses penambahan berat badannya jauh lebih cepat disebabkan, oleh mikroorganisme dalam probiotik tersebut bekerja secara optimal.

Biaya pakan dapat digunakan dengan penggunaan probiotik dan dapat menghasilkan jenis pakan yang bermutu, sehingga akan meningkatkan kinerja dalam fungsi rumen yang disebabkan oleh bakteri selulotik yang tinggi.

Jenis Probiotik yang sering digunakan Peternak

Probiotik memiliki dua tipe dalam Kultur Mikroba hidup, yaitu Probiotik Starbio yang membantu dalam pencernaan, penyerapan zat nutrisi, meningkatkan kadar protein dan mempercepat pertumbuhan pedaging.

EM4

EM4 adalah salah satu jenis Probiotik yang mengandung Mikroorganisme hasil fermentasi, yaitu berasal dari bahan-bahan organik berwarna coklat dan bertekstur cair.

Memiliki manfaat dalam menjaga keseimbangan Mikroorganisme yang menguntungkan sistem pencernaannya, meningkatkan kesehatan dan mengurangi angka kematian bibit.

Menggunakan probiotik EM4 harus benar-benar waspada dan tidak boleh digunakan sembarangan dengan mencampur-campurkan bahan lain, karena penggunaannya memiliki aturan.

Penggunaan EM4 ke dalam air minum (Gunakan air sumur) dengan cara melarutkanya terlebih dahulu sebanyak 1-2 cc pada air yang berukuran 1-1,5 liter, lalu berikan setiap hari.

EM4 untuk kebersihan cara penggunaannya campurkan larutan EM4 dan Molase (gula dengan air), nah untuk perbandingannya sekitar 1: 1: 100, lalu semprotkan pada kandang-kandang sekitar 1-2 liter / meter persegi untuk luasnya.

GDM

GDM adalah probiotik dengan suplemen organik cair yang diformulasikan khusus untuk jenis hewan ternak, karena berasal dari bahan-bahan alami dan ramah lingkungan.

Penggunaan GDM tidak perlu dikhawatirkan bahan-bahan yang digunakan dalam proses pembuatannya sangat menjamin kualitas, sehingga 100% aman.

Bahan-bahan pembuatan tersebut yang membuat kualitasnya jauh lebih aman untuk penggunaan ternak ataupun ternak, yaitu:

  • Rumput laut, memiliki kandungan protein yang mampu memenuhi kebutuhan unggas dan dapat membantu proses regenerasi sel membangun sel tubuh baru atau menggantikan sel yang mengalami kerusakan.
  • Limbah organik, mengandung makro ataupun mikro nutrien yang berperan dalam proses penyerapan nutrisi atau metabolisme yang akan mempercepat proses pertumbuhan.
  • Minyak Hewani, mengandung lemak tak jenuh dan mengandung asam lemak omega-3 yang sangat bermanfaat dalam kesehatan unggas khususnya dan sebagai anti jamur.
  • Algae, sebagai salah satu probiotik unggas bebek yang mampu memenuhi kebutuhannya dengan mengandung mineral esensial, Vit A, Vit E dan Antibiotik alami.
  • Bakteri, mengandung bakteri yang akan masuk dalam bersinergi keseimbangan tubuh seperti Bacillus brevis, Bacillus pumilus, Bacillus mycoides, Pseudomonas alcaligenes dan Micrococcus roseus.

Kesimpulan

Pencernaan hewan ternak membutuhkan probiotik yang terlibat dalam populasi mikroba, sehingga dapat mengubah dan meningkatkan kemampuan untuk menurunkan aktivitas Enzim.

Kedua jenis probiotik tersebut juga dapat digunakan untuk probiotik unggas, karena dapat menjaga kesehatan dan menjaga kualitas daging khusus bebek pedaging yang mempercepat proses pertumbuhan.