Inilah Resep Bolu Coklat Kukus Super Lembut

2 min read

resep bolu coklat kukus super lembut

Pada artikel saya kali ini, saya akan membagikan resep bolu coklat kukus super lembut. Tapi sebelum masuk ke pembahasannya, apakah kalian tahu bolu kukus itu apa? Simak sedikit penjelasannya dibawah ini.

Definisi Bolu Kukus

resep bolu coklat kukus super lembut

Bolu kukus adalah kue yang memiliki tekstur lembut rasanya yang enak dan lezat tidak kalah dengan roti lainnya. Kue basah ini merupakan salah satu kue tradisional yang ada di Indonesia yang sudah merakyat dan sudah banyak digemari oleh semua kalangan, baik masih anak-anak hingga lansia.

Sama seperti kue tradisional dan camilan khas Indonesia lainnya, ada macam-macam variasi dari bolu kukus, yaitu ada juga resep bolu kukus coklat sederhana dan murah tanpa mixer, bolu kukus yang berbentuk bundar, bolu kukus persegi, dan masih banyak lagi.

Bolu kukus ini camilan yang wajib tersedia pada setiap acara-acara spesial tertentu. Selain banyak variasinya, bolu kukus pun memiliki rasa yang bermacam-macam. Apapun variasinya, bolu kukus tetap mempunyai rasa yang lezat, lembut, dan manis.

Apakah kalian sering menjumpai dan membeli kue bolu? Tahukah kamu, ternyata cara membuat bolu kukus ini tidak terbilang sulit lho.

Sebaiknya kalian mencoba dulu untuk membuat sendiri bolu kukus di rumah yang dapat dijamin enak rasanya dan tidak kalah jika dibandingkan dengan bolu kukus yang dijual di toko kue. Mari kita langsung saja simak cara membuat bolu coklat kukus super lembut di bawah ini.

Resep Bolu Coklat Kukus Super Lembut

resep bolu coklat kukus super lembut

Bahan-Bahan :

  • Telur 2 butir
  • Tepung terigu protein sedang 80gr
  • Gula pasir 80gr
  • SP/Ovalet/Tbm 1/2sdt
  • Coklat bubuk 20gr
  • Baking powder 1/4sdt
  • Minyak goreng 70ml
  • Krim kental manis coklat 1 bungkus

Cara Membuat Bolu Coklat Kukus Super Lembut :

  1. Kocok telur, gula dan SP/ovalet/TBM menggunakan mixer yang kecepatan tinggi. Campur hingga adonan menjadi mengembang dan berwarna putih pucat.
  2. Tambahkan tepung, coklat bubuk dan baking powder ke dalam adonan yang tadi. Masukkan sedikit demi sedikit sambil diayak agar tidak ada gumpalan.
  3. Setelah bahan kering dimasukkan, kocok bahan menggunakan mixer atur kecepatan menjadi rendah. Campur sampai adonan tercampur rata. Tuangkan minyak sayur dan krim kental manis rasa coklat lalu campur hingga adonan rata.
  4. Olesi loyang yang akan kalian gunakan dengan margarin dan taburi sedikit tempung agar tidak lengket, lalu tuankan adonan bolu ke dalam loyang tadi. Setelah dituang, ratakan permukaan adonan lalu hentakkan agar adonan dapat menyebar rata didalam loyang.
  5. Didihkan air pada kukusanterlebih dahulu agar nanti bisa mengembang sempurna. Lalu, letakkan loyang yang berisi adonan ke dalam kukusan tadi. Lapisi tutup kukusan menggunakan serbet yang bersih agar tidak ada air yang menetes pada adonan bolu.
  6. Kukus bolu selama 20 menit dengan api sedang menuju kecil agar kue bolu dapat matang merata. Setelah 20 menit, kalian bisa cek kematangan kue dengan menusuk kue, jika adonan masih basah, tambahkan waktu mengkukus hingga bolu benar-benar matang.

Baca Juga : Cara Bikin Sistik Keju yang Renyah

Setelah kalian tahu cara membuat bolu kukus coklat super lembut, berikut ini manfaat mengkonsumsi bolu.

Manfaat Mengkonsumsi Bolu

resep bolu coklat kukus sederhana

1. Baik Untuk Kesehatan Mata

Ternyata bukan hanya sayur wortel saja yang dapat menjaga kesehatan mata kalian. Bolu juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata kita. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi hal buruk yang akan terjadi, sebaiknya kalian mengkonsumsi makanan ini yang dapat membantu kalian dalam menjaga kesehatan mata secara lebih baik lagi.

2. Dapat Membantu Program Diet

Jika kalian memiliki berat badan yang berlebihan tentu saja kalian ingin sekali menurunkan berat badan entah bagaimanapun itu caranya. Dalam hal ini diet jmerupakan salah satu cara yang sudah banyak direkomendasikan sehingga tidak berdampak bagi kesehatan.

Jika kalian ingin menurunkan kesehatan badan, ternyata salah satu solusi untuk menurunkan berat badan adalah mengkonsumsi roti bolu.

3. Sebagai Pembentuk Otot

Roti bolu ternyata memiliki senyawa protein cukup tinggi yang dapat digunakan untuk menyehatkan serta membantu perkembangan otot didalam tubuh kita. Karena di dalam pengelolahan makanan ini banyak di fermentasikan dengan berbagai makanan yang bermanfaat salah satunya yaitu telur yang ada di dalam bolu.

Sedangkan telur sendiri sangat baik sekali bagi kalian yang sedang proses pembentukan otot.

Demikian artikel yang saya buat kali ini, Jika ada kesalahan kata saya mohon maaf. Semoga bermanfaat yaa.

 

Agency Digital Jakarta Selatan

Yang sedang popular sementara ini ialah marketing online yanag banyak dilirik oleh para pelaku usaha maupun merk besar.Menariknya memanfaatkan Agency Digital Jakarta sendiri adalah,...
Guithay thay
1 min read

Langkah Menonton Film di Telegram secara Gratis dan Tanpa…

Aktivitas melihat film sekarang ini bukan hanya dapat dicicipi di bioskop atau tayangan tv saja. Karena zaman telah makin hebat beberapa program kekinian sediakan...
Guithay thay
3 min read

Intel Core i9-12900K, Di-claim Sebagai Processor Gaming Terbaik di…

Intel Core i9-12900K, Di-claim Sebagai Processor Gaming Terbaik di Dunia Berapa luar biasa Intel Core i9-12900K ini? Intel sah memperkenalkan keluarga processor Intel Core...
Guithay thay
4 min read