Resep Cumi Bakar Asam Manis Yang Enak dan Gurih

2 min read

resep cumi bakar asam mani

Hai apa kabar? Semoga sehat selalu ya, pada kesempatan kali ini saya akan membahas resep cumi bakar asam manis yang enak dan gurih, jika ingin mencobanya di rumah sangat sederhana dan bahannya juga mudah didapat.

Resep Cumi Bakar Asam Manis

resep cumi bakar asam manis

resep cumi bakar asam manis menjadi perbincangan hangat di media sosial akhir-akhir ini, sehingga biota laut menjadi trend di Twitter.cumi bakar asam manis adalah sekelompok hewan dengan nama latin cephalopoda, atau spesies moluska yang hidup di laut. Nama Cepphalopoda dalam bahasa Yunani berarti kaki kepala karena kaki terbagi menjadi rangkaian tangan yang melingkari kepala.

Manfaat Resep Cumi Bakar Asam Manis

1. Untuk Menilai dari Nilai Gizi

Cumi memiliki nilai gizi yang luar biasa karena kandungan proteinnya yang cukup tinggi, yaitu 17,9g/100g cumi segar. Daging cumi memiliki keunggulan dibandingkan produk hasil laut lainnya, yaitu tidak memiliki tulang punggung, mudah dicerna, memiliki rasa dan bau yang khas, serta mengandung segala macam asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh.

Asam amino esensial yang dominan adalah leusin, lisin dan fenilalanin. Sedangkan asam amino non esensial yang dominan adalah asam glutamat dan asam aspartat.

2. Pertumbuhan Tulang Rangka

resep cumi bakar asam manis juga mengandung beberapa jenis mineral mikro dan makro dalam jumlah yang sangat tinggi. Mineral penting dalam cumi-cumi adalah natrium, kalium, fosfor, kalsium, magnesium, dan selenium. Fosfor dan kalsium berguna untuk pertumbuhan tulang rangka, sehingga penting untuk pertumbuhan anak dan pencegahan osteoporosis di usia tua. Selain tinggi protein, cumi-cumi merupakan sumber vitamin yang baik seperti vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B12, niasin, asam folat, dan vitamin yang larut dalam lemak (A, D, E, K).

3. Dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah

Kandungan lemak daging cumi relatif rendah yaitu 7,5 g/100 g bahan yang masing-masing terdiri dari 1,9 g asam lemak jenuh; 2,7 g asam lemak tak jenuh tunggal; dan 2,1 g asam lemak tak jenuh ganda. Asam lemak tak jenuh ganda termasuk omega 3, yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Namun, konsumsi cumi-cumi secara berlebihan harus dihindari karena kadar kolesterolnya cukup tinggi dengan kandungan 260 mg/100 g. Pada kelompok ikan laut, kadar kolesterol pada cumi, udang, lobster, dan kepiting justru tinggi. Namun kadar kolesterol pada produk perikanan tersebut masih tergolong rendah dibandingkan dengan kuning telur, hati, jeroan dan otak hewan ternak.

4. Pembentukan Sel Darah Merah

Cumi-cumi juga kaya akan omega-3, protein, vitamin B, yodium, dan berbagai mineral. Kandungan tembaga dalam cumi baik untuk pembentukan sel darah merah.

5. Untuk Obat Kanker

Para peneliti baru-baru ini menemukan bahwa tinta cumi benar-benar dapat melawan kanker. Cumi merupakan salah satu seafood yang sangat digemari oleh para pecinta seafood.

Tugasnya sekarang adalah menemukan bahan aktif dalam tinta dan mengisolasinya. Dipercaya bahwa zat tersebut bekerja dengan mengaktifkan komponen sel darah putih, yang disebut makrofag, juga sel predator raksasa, dan dengan demikian meningkatkan daya tahan tubuh terhadap sel tumor pada khususnya.

Siapa tahu zat yang bisa menyelamatkan 60% nyawa dari kanker tikus dan ternyata bisa bermanfaat untuk melawan kanker pada manusia. Diakui bahwa penelitian ini akan terus dilakukan agar hasilnya lebih valid. Selain itu, mungkin memiliki manfaat lain selain sebagai obat anti tumor. Namun yang pasti, bahan-bahan yang biasa dibuang dan tidak dikonsumsi manusia memiliki manfaat bagi dunia medis.

6. Kesehatan Jantung

Para ahli mengungkapkan bahwa cumi-cumi merupakan sumber makanan laut yang tinggi protein, omega-3, tembaga, seng, vitamin B, dan yodium. Kandungan tembaga dalam cumi-cumi baik untuk penyerapan, penyimpanan, dan metabolisme zat besi oleh tubuh serta pembentukan sel darah merah. Namun, sebaiknya hindari mengonsumsi cumi dengan cara digoreng.

Baca juga : Cara Membuat Cumi Bakar Pedas Manis yang enak

Resep Cumi Bakar Asam Manis

Bahan Resep Cumi Bakar Asam Manis :

  1. Perlu 1/2 dari Cumi laut.
  2. Memerlukan untuk Bumbu Halus :.
  3. Berikan 5 – cabe merah rawit (bisa tambah jika suka pedes).
  4. Siapkan 5 cabe kriting.
  5. Perlu 5 siung untuk bawang merah.
  6. Siapkan untuk Bumbu tumis :.
  7. Persiapkan 1/2 sdt Terasi.
  8. Berikan untuk Air asam jawa.
  9. Perlu 4 sdm untuk kecap manis.
  10. Anda perlu secukupnya Gula dan garam.

Cara Membuat Resep Cumi Bakar Asam Manis :

  1. Cuci bersih cumi buang kulit ungunya, lumuri perasan jeruk lemon, diamkan sebentar.
  2. Haluskan bumbu halus, lalu tumis bersama terasi, tambahkan gula dan garam secukupnya (saya tanpa perasa MSG)hingga matang.
  3. Setelah matang masukan air asam (saring ampasnya) lalu kecap manis.
  4. Koreksi rasa..
  5. Panggang cumi di teflon hingga setengah matang, lalu olesi bumbu dan masak hingga matang..
  6. Saya di campirin ajah cuminya karna ga nemu cumi yg besar2.

Layanan Gesek Tunai Kartu Kredit Makin Marak

Selain untuk berbelanja, kartu kredit termasuk memberi tambahan fasilitas tarik tunai bagi para pengguna. Tarik tunai mampu dilakukan di anjungan tunai mandiri (ATM) terdekat....
Guithay thay
2 min read

Berikut Contoh Soal Perhitungan PPh Pasal 24?

PAJAK Penghasilan (PPh) Pasal 24 adalah salah satu type pelunasan PPh di dalam tahun berjalan yang merupakan pajak yang dibayar atau terutang di luar...
Guithay thay
1 min read