Resep dan Cara Membuat Mie Ayam Rumahan

resep dan cara membuat mie ayam rumahan

Selamat datang di artikel saya, Pada kesempatan kai ini saya  akan membagikan sebuah resep yang viral pada zamannnya yaitu resep dan cara membuat mie ayam rumahan , makanan ini enak dan juga praktis cara membuatnya.

Sejarah

Mie Ayam sebenarnya adalah makanan khas China. Mie ayam yang menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia sebenarnya berasal dari China Selatan, terutama dari wilayah Fujian dan Guangdong. Di sana, makanan ini sering disebut dengan mie.

Setelah mengalami pergantian topping, masyarakat Tionghoa pun mengikuti perubahan tersebut, dengan memberikan rasa yang sedikit berbeda dengan mie. Wonogiri adalah daerah yang terkenal dengan mie ayamnya. Meski awalnya berasal dari masyarakat Tionghoa, kini mie ayam sudah tersebar luas di Indonesia.

Seperti mie ayam, mie juga terbuat dari tepung terigu namun disajikan dengan kuahnya sendiri. Jangan lupa untuk selalu menaburkan daging babi sebagai lauk pilihan. Saat pindah ke Indonesia, adaptasi dilakukan dengan mengganti daging babi dengan ayam, semur, kecap dan sambal tidak dibuat terpisah.

Resep dan Cara Membuat Mie Ayam Rumahan

resep dan cara membuat mie ayam rumahan
Bahan:

  • Bawang putih 4 siung
  • Bawang merah 4 siung Kemiri
  • 4 butir ketumbar 1 sdt
  • Jahe 1 ruas
  • Kunyit 1 ruas garam
  • 1 sdt merica bubuk sdt Semur daging ayam
  • Tulang ayam secukupnya Minyak ayam 500ml
  • Mie basah spesial mie ayam atau mie telur 500 gr Sayur caisim atau sawi hijau secukupnya minyak bawang
  • Kecap saus Bawang goreng Daun bawang
  • 1/4 dari tepung roti chakra kembar
  • 1 telur 1/4 garam Air secukupnya

Cara membuat mie ayam :

  1. Dalam panci, rebus 450 ml air.
  2. Setelah mendidih, masukkan kaki ayam selama kurang lebih 15 menit.
  3. Kemudian masukkan fillet dada ayam yang sudah dipotong dadu.
  4. Tumis bumbu halus hingga matang.
  5. Setelah itu masukkan bumbu yang sudah di tumis ke dalam rebusan ceker dan fillet dada.
  6. Tambahkan gula merah, kecap asin, garam, kaldu bubuk dan daun bawang.
  7. Aduk sebentar dan koreksi rasa, jika sudah pas tutup panci dan tutup panci sampai bumbu meresap ke ceker dan fillet dada.
  8. Cek sesekali, jika kuah sudah agak mengental matikan kompor Rebus mie, bakso dan pangsit.
  9. Kulit pangsit goreng. Dalam 1 mangkuk tambahkan kecap ikan / kecap sekitar 2 sdm.
  10. Kemudian masukkan mie rebus, aduk rata.
  11. Masukkan sawi rebus, siomay, bakso, ceker dan ayam.
  12. Taburkan daun bawang dan bawang goreng diatasnya.
  13. Lengkapi lagi dengan saus sambal, saus tomat dan saus sambal.

Manfaat  dari   mie ayam

Mengatasi stres Di balik rasa mie ayam, ternyata terdapat B5 atau asam pantotenat yang memiliki efek menenangkan pada tubuh. Jadi jika Anda lelah dan banyak pikiran, Mie ayam sangat cocok untuk pilihan makanan Anda.

 Mencegah Kanker Tahukah Anda bahwa ayam dalam mie ayam mengandung senyawa Niacin yang terdapat pada bagian Vitamin B yang dipercaya mampu melawan kanker. Niasin juga menghindari kerusakan DNA penyebab kanker.

Tingkatkan Kekebalan Tubuh Tahukah Anda kandungan mineral yang terdapat pada mie ayam air sangat penting untuk kebutuhan dalam tubuh kita. Kandungan mineral untuk tubuh bermanfaat untuk menangkal berbagai macam penyakit yang menyerang.

Jumlah kalori dalam 1 porsi mie ayam sekitar 421 kkal, dengan kandungan karbohidrat 46,21 gram, protein 16,7 gram, dan lemak 18,74 gram. Nilai isi tentunya bisa berbeda-beda tergantung porsinya dan topping tambahan apa yang diberikan.

Terimakasih telah mengunjungi artikel saya semoga bisa menambah wawasan teman Resep dan Cara Membuat Mie Ayam Rumahana dan juga bisa membantu rasa penasaran anda tentang bagaimana dengan resep virall ini. Demikianlah beberapa ,Semoga artikel yang kami tulis diatas bisa bermanfaat bagi Anda.

 

Related posts