Resep Es Oyen Manis Dan Segar

resep es oyen

Apa kabar? Sedang mencari resep es yang cocok untuk minum di saat panas-panas dengan cita rasa yang manis dan segar, es oyen apa yang terlintas di kepala Anda? Dari pada penasaran mending simak artikel di bawah ini. Resep es oyen manis dan segar.

Sementara itu, sebelum ke cara pembuatannya, untuk menambah wawasan sabaiknya Anda simak penjelasannya sebagai berikut. Mesin parut kelapa mini penting untuk memarut kelapanya karena memudahkan selain itu mempercepat.

Read More

 

Sejarah Es Oyen

Es Oyen tergolong sebagai minuman yang memiliki rasa unik dan khas, berbeda dengan es campur pada umumnya. Minuman satu ini memiliki rasa manis dan segar yang pas. Rasa nikmat tersebut didapatkan dari potongan nangka, alpukat, kolang-kaling, pacar cina, kelapa muda, susu kental manis, es serut, dan masih banyak lagi.

Namun ada pula yang mengatakan bahwa nama tersebut diambil dari nama burung perkutut miliknya yang jika berkicau mirip dengan sapaan yang terdengar seperti ‘Oyen’. Nah, sejak itulah es ini dikenal dengan sebutan Es Oyen oleh para pelanggannya.

Terlepas dari hal itu, di Bandung sendiri awalnya es ini hanya dijual di pinggir jalan, yaitu di Jl. Bungsu atau yang kini dikenal dengan nama Jl. Veteran Bandung. Yang istimewa dari es oyen ini adalah terletak pada racikan gulanya yang pas dan juga pada serutan kelapanya yang lembut.

 

Kenapa Disebut Es Oyen?

Pertama, nama ‘Oyen’ ini diambil dari nama orang yang pertama kali menjual es ini puluhan tahun lalu, dan kedua, nama ‘Oyen’ diambil dari nama burung perkutut milik sang penjual yang jika berkicau terdengar seperti ‘Oyen’. Salah satu tempat Es Oyen yang bisa Anda nikmati adalah di daerah Kemayoran, Jakarta Pusat.

Apa Berbedaan Es Oyen Dan Es Campur?

Dilihat dari isiannya, es oyen dan es campur hampir tidak ada bedanya. Kamu bisa membedakan keduanya melalui warna. Es oyen berwarna merah muda, sedangkan es teler atau es campur berwarna putih. Selain itu, proses pembuatan es oyen sama dengan es teler yang menggunakan santan di atas es serutnya.

Resep Membuat Es Oyen

resep es oyen

Bahan-Bahan :

  • 300 gram jagung manis
  • 300 gram sagu mutiara, rendam air gerah kemudian tiriskan
  • 1 buah kelapa muda
  • Sesuai selera susu kental manis
  • 300 gram daging buah alpukat
  • 1 sdt vanili bubuk
  • 200 ml air
  • 125 gram gula pasir
  • 1/4 sdt garam
  • 1 lembar daun pandan
  • Secukupnya es serut atau es watu yang dihancurkan

Cara Membuat Es Oyen :

  1. Yang pertama siapkan panci kecil untuk menciptakan sirupnya, tuangkan air, gula pasir, garam, vanili dan daun pandan.
  2. Selanjutnya didihkan sampai gula mencair, harum dan agak mengental, matikan api kemudian biarkan dingin.
  3. Kemudian rebus jagung sampai matang kemudian pipil sehabis dingin.
  4. Berikutnya kerok daging alpukat memakai sendok makan, jangan kerok terlalu dalam supaya tidak terganggu dengan rasa pahit dari kulit.
  5. Selanjutnya kerok daging kelapa muda, air kelapanya bisa juga ditambahkan pada es oyen.
  6. Setelah itu siapkan gelas atau mangkuk, masukkan sagu mutiara, alpukat, jagung manis, kelapa muda, es watu atau es serut, kemudian sirami dengan sirup gula.
  7. Lalu terakhir sajikan dengan susu kental manis di atasnya dengan ukuran berdasarkan selera.

Sementara itu, bagaimana dengan resep membuat es oyen di atas mudah bukan? sebenarnya mudah asalkan mengikuti langkah-langkahnya dengan baik dan benar, dalam bahan pembuatan es oyen menggunakan kelapa, untuk memarut kelapanya sebaiknya menggunakan mesin parut kelapa mini.

Related posts