Resep Gorengan Pisang Tanduk Yang Lezat

2 min read

Resep Gorengan Pisang Tanduk

Pisang goreng merupakan salah satu cemilan yang banyak diminati setiap orang. Cemilan ini biasanya di konsumsi sangat bersama, resep gorengan pisang tanduk juga mudah di cari.

Gorengan Pisang Tanduk

Pisang Goreng Madu

adalah salah satu jenis makanan ringan yang sering di temukan di berbagai daerah. Makanan ini di buat dari buah pisang. Pisang Goreng sering ditemukan dijual di warung Tegal (WARTEG) atau warung kopi (WARKOP) sebagai makanan pendamping teh dan kopi.

Tidak heran masyarakat di Indonesia yang memanfaatkan lahannya untuk bercocok tanam pohon pisang. Tidak memerlukan lahan yang sangat luas, Lalu bisa menggunakan sedikit ruang yang tersisa di halaman rumah untuk ditanami satu pohon pisang.

Dengan menanam pohon pisang di sekitar halaman rumah, Setelah itu bisa menjadi cadangan makanan untuk mengonsumsi sehari-hari.  Sebab pisang merupakan salah satu jenis buah yang banyak dikonsumsi dan diolah menjadi berbagai macam hidangan.

Resep Gorengan Pisang Tanduk

Resep Pisang Goreng Madu

1. Resep Gorengan Pisang Tanduk

Bahan-bahan:

  • 3-4 buah pisang tanduk
  • 200 gr terigu protein rendah (me: kunci biru)
  • 20 gr tepung tapioka
  • 1 butir telur ukuran kecil, kocok lepas
  • 1 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt garam halus
  • 1 sdt vanili bubuk
  • 250 ml air es/air dingin
  • 1 liter minyak goreng

Cara Membuat Resep Gorengan Pisang Tanduk:

  1. Kupas pisang, iris tipis memanjang menjadi 4 bagian (me potong 2 lagi. 1 buah pisang jadi 8 potong). Kalau panjang2, harus pakai wajan yg gede dan minyaknya 2 liter. Jadi saya pakai wajan yg sedang aja dan minyak cukup 1 liter.
  2. Campur semua bahan kering: terigu kunci biru+tapioka+gula pasir+garam+vanila bubuk. Aduk rata
  3. Masukkan air sedikit demi sedikit, aduk pakai sendok makan aja. Aduknya pelan2 saja dan jangan terlalu banyak diaduk agar tepung pisang gorengnya renyah dan ga keras
  4. Setelah bahan kering dan air tercampur rata, masukkan telur. Aduk rata kembali adonan. Adonan ga terlalu kental dan ga encer juga. Diamkan adonan beberapa menit (itu tambahan dari saya)
  5. Panaskan minyak goreng, sampai suhunya 140C. (gegara ini saya beli termometer khusus masak)
  6. Sambil menunggu minyak panas, celupkan potongan pisang ke dalam adonan. Masukkan ke minyak yg sudah panas. Jika ga punya termometer masak, bisa kok dengan cara meneteskan sedikit adonan ke dalam minyak. Jika langsung mengambang, artinya pisang sudah bisa kita masukkan ke penggorengan.
  7. Perhatikan saat menggoreng pisang, kondisi pisang harus mengambang untuk menghasilkan pisang goreng yg kering dan krispi. Jika ingin tepungnya lebih tebal pada saat menggoreng kita bisa tambahkan adonan ke atas pisang yg sedang digoreng. Caranya ambil satu sendok adonan, siramkan ke atas pisang yang sedang digoreng. Pas mateng jadi keriting euy!
  8. Waktu yang diperlukan untuk menggoreng pisang ini agar kering dan krispi sekitar 20 menit. Suhu mi nyak goreng jadi sekitar 150C…apinya sedang aja.
  9. Setelah pisang terlihat berwarna coklat keemasan, segera angkat dan tiriskan.

5 Manfaat Pisang Untuk Kesehatan Tubuh

Tanaman pisang merupakan tanaman yang serbaguna, mulai dari akar (rhizome) sampai daun dapat dimanfaatkan oleh manusia.

Air yang terkandung dalam bonggol secara tradisional dapat di gunakan sebagai obat anti sakit perut, dan pendarahan pada usus.

Batangnya dapat digunakan sebagai penghasil serat untuk bahan baku kain dan sebagai makanan ternak. Daunnya dapat di gunakan untuk pembungkus berbagai makanan seperti nasi, makanan kecil dan lain-lain.

1. Membantu Mengontrol Tekanan Darah pada Penderita Hipertensi

Kalium yang terdapat dalam pisang dapat membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit untuk menjaga tekanan darah tetap stabil. Serat makanan dalam pisang mampu mengikat lemak dan pada akhirnya mencegah pembentukan plak.

2. Sumber Energi dan Mampu Meningkatkan Stamina

Anda tidak perlu mengonsumsi minuman berenergi, cukup makan pisang sebelum latihan. Buah pisang kaya akan vitamin dan serat. Dibandingkan apel, pisang mengandung karbohidrat 2 kali lebih banyak.

3. Melancarkan Pencernaan dan Metabolisme

Pisang matang membantu membuang limbah dari proses metabolisme tubuh. Salah satu manfaat pisang untuk pencernaan adalah membantu meringankan masalah pencernaan seperti sembelit karena kandungan seratnya. Ditambah lagi, makan pisang akan membantu ginjal membersihkan darah.

4. Mendukung Program Diet

Untuk Anda yang sedang melakukan program menurunkan berat badan, pisang cocok sekali dijadikan camilan sehat. Apalagi, buah ini memiliki kandungan lemak yang rendah.

5. Menurunkan Resiko Kanker Usus Besar

Penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi sayur dan buah-buahan, termasuk pisang, dapat menurunkan risiko kanker usus besar. Ini diduga karena kandungan serat dan antioksidan dalam pisang.

Itulah resep gorengan pisang tanduk yang bisa harus anda coba, atau bisa anda jadikan sebagai ladang rejeki. Semakin unik pisang goreng tanduk yang disajikan, akan semakin banyak peminatnya. Tetap jadikan rasa sebagai unggulannya. Saya rekomendasikan menggunakan peluang bisnis pohon kelapa agar kerja lebih mudah Selamat mencoba.