Resep Masakan Sayur Lodeh Terong Ungu

2 min read

Artikel tentang resep masakan sayur lodeh terong ungu ini saya tujukan pada kalian pencinta sayur diluar sana. Yuk simak sampai akhir artikel untuk lebih tau.

Sayur Lodeh

resep masakan sayur lodeh terong ungu

Sayur-sayuran yang menjadi salah satu ciri khas nusantara ya sayur lodeh, walaupun sudah ada sejak lama, masih sering kita jumpai sayur lodeh sampai sekarang. Dengan rasa yang gurih dan santan kental yang keluar dari sayur lodeh, pembuatan masakan khas ini masih diminati hingga sekarang.

Kesederhanaan bahannya membuat Anda bisa membuat sayur lodeh tanpa menguras kantong. Bahan-bahan untuk Sayur Lodeh bisa kita beli dengan harga yang sangat murah dan bisa kita temukan dimana saja. Bahkan jika Anda kurang beruntung, Anda tidak dapat menemukan bahan apa pun, Anda dapat mengganti bahan lain.

Nah bagi anda yang masih belum tahu cara memasak sayur lodeh dan bahan apa saja. Berikut resep dan cara membuat lodeh sayur ala Publisher sederhana.

 

Cara Membuat Lodeh Sayur Terong

Dengan bahan yang bisa didapatkan dimana saja, saya simpulkan disini, bahan yang mudah didapat dan murah di kantong.

Bahan:

1 labu siam
Tumpukan kacang panjang
1 buah jagung manis
seikat daun Mlinjo
1 untuk terong ungu
Air (untuk merebus)

Membumbui:

4 siung bawang merah
3 pecan
2 siung bawang putih
1/2 sendok teh terasi
Garam secukupnya
1/2 sendok makan gula merah
Rasa sesuai selera
2 ruas lengkuas
krim kelapa

Cara memasak sayur lodeh:

  1. Ambil semua sayuran, cuci bersih dan potong sesuai selera.
  2. Siapkan bawang merah, bawang putih, dan kemiri halus ketiga bahan tersebut. Jika ketiga bahan sudah halus, tambahkan terasi, garam, dan gula merah. Haluskan, lalu pipihkan lengkuas.
  3. Ambil panci dan masukkan air ke dalamnya, lalu panaskan dan tambahkan biji jagung. Aduk hingga mendidih.
  4. Setelah air mendidih, masukkan bumbu yang sudah dihaluskan. Kemudian aduk secara bertahap sampai jagung mulai matang.
  5. Saat jagung mulai matang, tambahkan labu, terong, dan kacang panjang. Aduk lagi selama sekitar 5 sampai 8 menit.
  6. Setelah 5-8 menit, tambahkan daun mlinjo dan tambahkan santan ke dalam wajan.
  7. Langkah terakhir adalah menambahkan perasa sesuai dengan bahasa Anda. Kemudian masak hingga semua bahan matang.
  8. Setelah matang, angkat sayuran lodeh dan sajikan sayuran lodeh selagi panas dengan nasi putih.

 

Efek Terlalu Banyak Makan Sayuran

Makan sayuran itu sehat dan salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk menjaga diri Anda tetap bugar dan bebas penyakit. Sayuran bergizi dapat diubah menjadi beberapa makanan lezat yang dapat mengisi Anda dan menyediakan semua nutrisi penting.

Namun, jenis sayuran tertentu dapat memiliki efek samping yang aneh. Efek samping ini mungkin mengganggu untuk sementara tetapi tidak berbahaya. Berikut daftar lima sayuran dan apa yang bisa terjadi jika Anda memakannya secara berlebihan.

Jamur

Jamur adalah sumber vitamin D yang bagus tetapi beberapa orang memiliki reaksi buruk karena dapat menyebabkan intoleransi dan bahkan alergi. Dari jumlah tersebut, ruam jamur adalah yang paling umum. Ruam akibat makan jamur shiitake dikenal sebagai dermatitis shitake karena makan jamur mentah atau setengah matang.

Wortel

Efek samping yang mengejutkan dari makan terlalu banyak wortel termasuk perubahan warna kulit. Kulit bisa menjadi kekuningan atau oranye karena terlalu banyak makan wortel atau makanan yang kaya beta-karoten. Perubahan warna lebih terlihat pada kaki, tangan, dan telapak kaki. Kelebihan beta-karoten dari makanan tidak masuk ke aliran darah dan disimpan di bawah kulit, yang untuk sementara dapat mengubah warna kulit. Bisa juga terjadi karena terlalu banyak mengonsumsi labu kuning dan ubi jalar.

Bit

Melihat urin berwarna merah muda mungkin menakutkan untuk pertama kalinya. Jangan panik! karena peristiwa itu dikarenakan Bit bukan penyakit. Pigmentasi tanaman dan bahan kimia lain yang ada pada tanaman dapat mengubah warna urin untuk sementara. Senyawa yang ditemukan dalam rhubarb, blackberry, dan bit dapat mengubah urin menjadi merah muda atau merah untuk sementara. Tidak ada efek samping yang berbahaya.

Jeruk

Kelebihan vitamin c pada tubuh dapat mengubah warna dari air kencing kita juga lho. Kelebihan vitamin C dalam sehari, termasuk suplemen vitamin C dan buah, dapat mengubah warna urin. Selain makanan yang kaya vitamin C, dehidrasi juga bisa mengubah warna urine. Jadi, saat mengonsumsi vitamin C, perbanyak minum air putih.

Bunga Kol

Bunga Kol memiliki efek samping yang dapat memberika rasa yang tidak nyaman pada bagian pencernaan, seperti kembung dan gas yang ada pada perut. Sayur yang banyak akan kandungan baiknya ini lebih baik diolah dari pada dimakan mentah, karena akan susah dicerna. Sayuran ini mengandung senyawa yang disebut raffinose, yang merupakan jenis karbohidrat. Namun tubuh manusia tidak memiliki enzim untuk mencernanya ke pencernaan oleh karena itu susah untuk senyawa ini di serap tubuh. Sayuran yang tidak dicerna saat masuk ke usus besar dapat menyebabkan ketidaknyamanan perut.

 

Artikel resep masakan sayur lodeh terong ungu saya selesaikan sampai sini agar tidak terlalu panjang, Namun jika kalian masih ingin membaca artikel yang serupa bisa membaca cara membuat nasi megono ini. Atau baca artikel lain di website ini.

Arti Mimpi Tentang Ikan Patin Menurut Primbon

Mungkin anda pernah mengalami mimpi Menangkap Ikan Patin atau mimpi mimpi lainnya yang berkaitan dengan Ikan Patin dan kemudian anda merasa penasaran dan mencari...
Guithay thay
2 min read