Resep Roti Gembong Lembut

Apa kabar? Pada artikel kali ini saya akan membagikan resep roti gembong lembut. Rasanya memang empuk banget dan super lembut dengan aneka isian yang luber-luber. Tapi tak ada salahnya mencoba kita membuat sendiri di rumah, apalagi jika Bunda lebih suka uprek di dapur daripada di luar.

Bukan roti biasa. karena camilan ini dulunya menjadi jamuan atau kudapan kegemaran keluarga kerajaan dan para bangsawan. Pada masa Kerajaan Kutai, hanya kalangan tertentu yang bisa menikmati kelezatan roti gembong. Sementara itu, sebelum menyantap roti gembong sebagai menu sarapan, jamuan tamu penting, atau saat hari besar kerajaan.

Read More

Camilan king bread yang enak ini sangat cocok untuk teman saat bersantai, berkumpul dan jalan-jalan. Caranya bisa dikatakan tidak sulit. Sudah tahu kan resepnya yang mudah ini? Dalam pembuatan roti raja bisa dikatakan mudah dan praktis. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat roti raja-raja mudah didapatkan. Selain bahannya yang mudah, harganya juga sangat terjangkau.

 

Apa Itu Roti Gembong Lembut

Roti gembong merupakan salah satu jenis roti yang banyak digemari. Kudapan yang memiliki nama lain yaitu roti sobek ini diminati dari anak-anak hingga orang tua. Camilan ini sangat mudah untuk dibuat. M emiliki tekstur yang lembut dan rasa yang sangat enak. Tidak ada yang bisa menyangkal kelezatan roti gembong.

Sementara itu, roti gembong memiliki banyak varian rasa. Roti dibelah memanjang, kemudian rasa yang Anda inginkan dapat dioleskan ke dalamnya. Roti isi atau selainya juga berlimpah.

Tak heran ketika digigit, bagian selainya bisa meluber-luber. Namun isiannya tidak akan membuat rasa enek. Roti gembong memliki rasa asli yang gurih manis, tanpa isian pun roti ini sudah enak dan enak di makan.

Anda sudah tahu cara pembuatan roti gembong? Dalam pembuatan roti gembong ini memang bisa dikatakan mudah. Bahan-abah yang diperlukan dalam membuat roti gembong mudah didapatkan. Selain bahan-bahan yang mudah didapatkan juga harganya sangat terjangkau. Yuk langsung saja simak resep roti gembong lembut.

 

Cara Membuat Roti Gembong Lembut

resep roti gembong lembut

Bahan-Bahan :

  • 250 gram tepung terigu cakra kembar
  • 2 sendok teh ragi instan
  • 40 gram margarin
  • 90ml udara hangat
  • 1 butir telur kocok lepas
  • sendok teh garam
  • 65 gram gula pasir
  • 1 sendok makan susu bubuk
  • 1 butir kuning telur dan susu cair sebagai olesan
  • Coklat batangan sebagai isian secukupnya

Cara Membuat Roti Gembong Lembut :

  1. Yang pertama campurkan ragi instan dan 1 sendok teh gula, lalu diamkan sampai berbusa dan juga mengembang.
  2. Selanjutnya campurkan dengan tepung terigu,susu,gula pasir dan juga garam aduk rata,masukan telur dan juga margarin serta tambahkan air sedikit demi sedikit sambil di uleni hingga kalis dan juga elastic.
  3. selanjutnya diamkan hingga 30-60 menit sampai adonan mengembang 2x lipatnya, tutup menggunakan kain lembab.
  4. Kemudian setelah adonan mengembang kempiskan adonan dan timbang dalam 40 gram, bentuk bulat-bulat lalu diamkan kembali hingga 10 menit .
  5. Sementara itu ambil adonan yang sudah di bulatkan lalu isian coklat,dan bulatkan kembali dan diamkan selama 15 -30 menit.
  6. Selanjutnya letakan adonan ke atas loyang yang sudah di oles dengan margarin sebelumnya.

 

Harga Roti Gembong Dan Umur Simpan

resep roti gembong lembut

Tak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk menikmati kelezatan king bread yang bertekstur lembut ini. Di pasaran, seporsi roti king yang dibungkus kotak segi empat dijual mulai dari Rp. 10 ribu. Terjangkau, bukan? Tak heran jika pecinta jayanan manis bisa tergila-gila membeli banyak roti gembong.

Sekadar informasi, roti gembong biasanya hanya bertahan 2-3 hari. Untuk menjaga teksturnya tetap lembut, hindari mendinginkannya meskipun dapat memperpanjang umur simpan roti.

 

 

Baca juga : cara bikin roti gembung

Related posts