resep tutug oncom kemangi sedap bikin tambah nasi

resep tutug oncom kemangi

Lagi mencari ide resep nasi tutug oncom kemangi yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi tutug oncom kemangi yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Awalnya nasi tutug oncom adalah menu makanan harian bagi masyarakat kelas bawah di tanah Sunda. Oncom merupakan makanan asli masyarakat Sunda dengan bahan baku kedelai dan dijual dengan harga sangat terjangkau. Karena itu, oncom pun dijadikan salah satu lauk pendamping nasi oleh masyarakat kelas bawah pada era 1940-an.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi tutug oncom kemangi, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan nasi tutug oncom kemangi yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Nasi campur oncom khas Sunda ini biasanya disajikan dengan lalapan, sambel, dan lauk seperti tahu/tempe goreng, ikan asin, atau ayam goreng. Terakhir campurkan nasi dengan oncom tadi aduk aduk sampai rata. Sangat direkomendasikan nasi tutug oncom ini disantap dengan tahu dan tempe yang masih hangat apalagi jika ditemani dengan sambal terasi lebih.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah nasi tutug oncom kemangi yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Nasi Tutug Oncom Kemangi menggunakan 9 bahan dan 6 langkah pembuatan.

Berikut ini Resep Tutug Oncom Kemangi

Bahan dan Bumbu :

  • Gunakan oncom secukupnya, iris tipis
  • 2 siung bawang merah ukuran besar
  • 1 siung bawang putih ukuran besar
  • 1 ruas kencur
  • 4 bh cabe domba
  • Secukupnya kemangi
  • 1 piring nasi
  • Minyak jagung secukupnya
  • Kaldu jamur secukupnya

Agar memperoleh rasa nasi yang enak, beras yang dipilih sebagai bahan baku haruslah beras yang pulen dan berkualitas baik. Resep ‘nasi tutug oncom’ paling teruji.

Baca Juga : Cara Membuat Nasi Tutug Oncom Enak dan Sederhana Di rumah

Nasi tutug oncom atau kadang hanya disebut tutug oncom, adalah hidangan nasi khas Indonesia yang terbuat dari nasi yang dicampur dengan kacang oncom yang difermentasi, berasal dari Tasikmalaya, Jawa Barat. Biasanya dibungkus dengan daun pisang dan disajikan dengan berbagai lauk pauk.

Cara Membuat Tutug Oncom Kemangi :

  1. Oncom yang diiris tipis bakar pada teflon sampai kering, hati2 jangan gosong
  2. Setelah kering, angkat dan ulek oncom sampai hancur. kemudian sisihkan
  3. Ulek bawang merah, bawang putih, kencur, dan cabe domba sampai halus
  4. Kemudian, panaskan sedikit minyak untuk menumis bumbu, setelah harum masukkan oncom yang telah halus tadi, aduk rata
  5. Lalu, masukkan daun kemangi, aduk kembali sampai agak layu, beri kaldu jamur lalu test rasa
  6. Setelah itu matikan kompor, ambil nasi putih hangat, aduk dengan oncom yang telah ditumis sampai rata, siap disajikan dengan lauk pauk dan sambal….

Nasi Tutug Oncom atau Sangu Tutug Oncom dalam Bahasa Sunda sering disingkat Nasi T. O adalah makanan yang dibuat dari nasi yang diaduk dengan oncom goreng atau bakar. Penyajian makanan ini umumnya dalam keadaan hangat. Nah, nasi tutug oncom adalah nasi yang dicampur dengan bahan oncom, entah itu oncom goreng ataupun oncom bakar. Siapa yang suka sama nasi tutug oncom?

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat nasi tutug oncom kemangi yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

Related posts