Tagihan Listrik Naik? Ini Dia Solusinya

1 min read

Belakangan, masyarakat ramai mengeluhkan tagihan listrik yang membengkak selama work from home (WFH). Masyarakat memperkirakan ada kenaikan tarif listrik secara diam-diam atau ada subsidi silang yang diterapkan untuk pengguna daya 450 VA dan 900 VA. Namun, perihal ini dibantah PT PLN (Persero).

“Pencatatan WFH membawa dampak peningkatan mengkonsumsi listrik untuk sebagian tempat tinggal tangga. Saya sampaikan tidak seluruh tempat tinggal tangga mengalami kenaikan, hanya sebagian yang mengalami kenaikan.

Kenapa naik? Karena WFH seluruh bagian keluarga ada di rumah,” kata Senior Executive Vice President Bisnis dan Pelayanan Pelanggan PLN Yuddy Setyo Wicaksono, di dalam diskusi virtual, Senin, 8 Juni.

Keadaan WFH ini membawa dampak penggunaan listrik di tempat tinggal meningkat drastis dibanding sebelumnya. Hal ini terhitung membawa dampak tagihan ongkos per bulan listrik masyarakat naik.

Untuk menangani persoalan selanjutnya mahasiswa Undip Prodi Teknik Elektro, Imam Arifan Nurdani, berinisiatif untuk mengadakan sosialisasi secara door-to-door kepada masyarakat Desa Laren lebih-lebih warga RT 04 RW 07. Selain itu penempelan poster di Balai Desa Laren dan di tempat tinggal Ketua RT 04 dirasa pas untuk menyebarkan informasi dikarenakan banyak warga yang mengunjungi tempat tersebut.

Pada sosialisasi ini diberikan sebagian langkah untuk menghemat listrik, di antaranya adalah:

-Beralih ke lampu LED
-Atur penggunaan lampu
-Cabut steker listrik
-Atur penggunaan alat elektronik

Adapun faedah dari hemat listrik yang utama adalah untuk kurangi ongkos tagihan listrik perbulannya, tetapi faedah yang lain adalah membantu kurangi emisi karbon di udara, berkontribusi terhadap keadilan untuk melistriki tempat yang belum miliki akses listrik dan tetap banyak lain.

“Oh iya terima kasih banyak ya mas, sekarang saya jadi mengetahui langkah untuk hemat listrik” ucap Imron, tidak benar satu warga RT 04 RW 07 Desa Laren.

Dengan terdapatnya sosialisasi hemat listrik ini, diharapkan masyarakat mengetahui perihal bagaimana langkah untuk menghemat listrik untuk meringankan beban ongkos tagihan listrik dan terhitung mengetahui pentingnya menjaga kelestarian alam dan lingkungan.

 

Agency Digital Jakarta Selatan

Yang sedang popular sementara ini ialah marketing online yanag banyak dilirik oleh para pelaku usaha maupun merk besar.Menariknya memanfaatkan Agency Digital Jakarta sendiri adalah,...
Guithay thay
1 min read

Langkah Menonton Film di Telegram secara Gratis dan Tanpa…

Aktivitas melihat film sekarang ini bukan hanya dapat dicicipi di bioskop atau tayangan tv saja. Karena zaman telah makin hebat beberapa program kekinian sediakan...
Guithay thay
3 min read

Intel Core i9-12900K, Di-claim Sebagai Processor Gaming Terbaik di…

Intel Core i9-12900K, Di-claim Sebagai Processor Gaming Terbaik di Dunia Berapa luar biasa Intel Core i9-12900K ini? Intel sah memperkenalkan keluarga processor Intel Core...
Guithay thay
4 min read